Wisata Sambil Makan Durian, Mau? Ini Tempatnya

loading...
loading...
air terjun suhom di aceh untuk wisata alam sambil makan durian
Air Terjun Suhom

Suka jalan-jalan untuk manjakan mata, ya? Catat! Ini dia tempatnya. Tak hanya manjakan matamu, tapi di sini kamu bisa manjakan lidahmu dengan rasa durian yang lezat. 

Ini bukan pantai, tetapi ini salah satu obyek wisata alam, yaitu obyek wisata Air Terjun
Suhom, yang berada di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Salah satu obyek wisata terindah di Aceh dari sekian banyak obyek lain yang menjadi tujuan destinasi para travelers.

Air terjun Suhom ini sangat mudah dijangkau karena letaknya tidak begitu jauh dari Kota Banda Aceh. Hanya butuh waktu  kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi jika menggunakan kenderaan pribadi  atau bus umum.  Namun, jika menggunakan pesawat udara, hanya 5 menit sudah sampai. Sayangnya, di lokasi air terjun belum dibangun bandara 😅😅


 
Sesampai di sana, rasa lelah pun hilang seketika karena “magnet” alam yang memikat dan menggoda. Air terjun ini sangat menakjubkan dengan panorama alam yang indah dan sangat natural. Sumber airnya dari pebukitan mengalir melalui celah-celah batu-batu besar kemudian tumpah/terjun ke dalam sungai. 

Di sekeliling tumpahan air yang lumayan dingin itu,  terdapat banyak pohon-pohon hijau yang tumbuh di bukit hutan  yang masih “perawan” karena tidak sempat dirusak oleh "sang penjahat hutan." Suara burung bersahutan dari pucuk pohon akan memanjakan kupingmu dan membuat semuanya terasa indah dan really alami. Bahkan, yang menjadi nilai tarik lainnya, di sekitar tempat itu terdapat banyak pohon durian. Kalau musim buah tiba, lokasi ini bak “surga” buah durian yang langsung dimakan di sana.

Gambar pohon durian dan sungai
Pohon Durian
Kala musim buah berduri tiba,   area wisata ini pun “bak gula dikerumuni semut”.  ramai sekali pengunjung. Kenapa? Karena “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.”  Wisatawan  dapat menikmati banyak  hal dalam waktu yang sama, indahnya air terjun, segarnya udara pebukitan, dan lezatnya rasa  durian.  “Ramai sekali yang datang kalau sudah musim durian. Yang berjualan durian juga banyak jika lagi musim,” ujar Ibu Fauziah (40) yang setiap hari mencari rezeki di lokasi wisata air terjun tersebut. 

Masih menurut Fauziah, kendati tidak musim durian di area air terjun, jangan khawatir tidak bisa menikmati buah berduri yang isinya lezat rasanya itu. Pasalnya, para pedagang durian  sudah menjadi naluri bisnisnya untuk mendatangkan durian dari kabupaten lain di Aceh ke tempat tersebut. "Harganya lumayan mahal kalau lagi langka, mulai dari Rp. 50.000-100.000 per buah," tambahnya.

mandi di air terjun sebuah obyek wisata di aceh




Para turis yang tertarik dengan obyek wisata air terjun ini. Mereka tidak hanya turis lokal atau domestik, tetapi para turis manca negara pun membidik destinasi wisata yang natural ini. 

Orang-orang yang datang menikmati air terjun tidak hanya hari libur, tetapi hari-hari biasa (kerja) juga ada. Jika hari libur seperti sabtu-minggu, banyak sekali yang pengen mandi-mandi di air terjun ini atau sengaja datang ingin makan durian bersama teman-teman atau keluarga. 

Dari pengamatan saya,  fasilitas-fasilitas rekreasi di lokasi  tersedia, seperti warung-warung yang menjual minuman dan makanan. Anda bisa menikmati kopi hangat, mie goreng, pisang goreng, dan lainnya di tempat tersebut.  Fasilitas lain juga ada, yaitu kamar ganti pakaian,  toilet dan tempat sholat.  

Nah, persiapkan diri kamu dari sekarang. Monitor jarak jauh kapan musim durian tiba agar kamu bisa langsung rasa lezatnya durian hasil kebun di Air terjun Suhom ini. Aroma yang menyengat, isi dagingnya yang lezat, pasti tak tahan pengen coba. Tapi, awas jangan sampai tertusuk duri, buah ini berduri dan tajam lho..😅

Catatan :
Artikel Asli ini Berjudul “Air Terjun Suhom, Wisata sambil Makan Durian” pertama sekali Saya terbitkan atau posting di Kompasiana oleh Mahfudh Harun, tanggal 27 Januari 2016. Dan ini sudah saya revisi/edited untuk posting ke blog ini.

loading...

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK INI (SPONSORED)

loading...
loading...

POSTINGAN POPULAR BLOG INI

2 Cara Mudah Mengajukan Cancel dan Refund Tiket Pesawat

Prosedur Merubah Jadwal/Reschedule Tiket Pesawat yang Tidak Berbelit-Belit

Batal Tiket Terbang, Uang Refund Bagaimana?

Mengintip Cara Travel Booking Tiket Pesawat

Lezatnya Pisang Bakar KONG'KOW Pasca Matahari Tenggelam Di Pantai Ulee Lheu